Kelebihan dan Kekurangan Keramik Motif Batu Alam

Kelebihan dan Kekurangan Keramik Motif Batu Alam
Kelebihan dan Kekurangan Keramik Motif Batu Alam
Keramik motif batu alam sebenarnya tidak memiliki banyak perbedaan jika dibandingkan dengan keramik motif lainnya. Sebab keramik dengan motif batuan alam sejatinya juga terbuat dari bahan tanah liat sama seperti keramik lainnya. Sedangkan pada keramik batuan alam memang menggunakan jenis batuan alam tertentu dengan corak yang indah yang selanjutnya dibentuk dan dipoles sehingga permukaan batuan akan lebih mengkilap dan halus. Selain itu keramik yang menerapkan motif batu alam dari segi harga juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan keramik yang terbuat dari batu asli. Seperti yang kita ketahui bahwa batuan asli dengan corak yang indah seperti batu gamping, batu granit, dan batu marmer memiliki harga yang sangat tinggi di pasaran sebab proses pembentukannya pun terjadi secara alami dan memakan waktu yang sangat lama. Oleh karena itu saat ini telah banyak tersedia keramik yang memiliki motif menyerupai batuan alam sebagai salah satu alternatif bagi anda yang ingin mengaplikasikannya untuk rumah hunian anda.

Selain harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan keramik berbahan dasar batuan alam, keramik yang mengadaptasi motif bebatuan alami juga memiliki beberapa keunggulan lainnya. Pertama adalah keramik motif batu alam pada umumnya memiliki ukuran yang simetris sebab bahan dasar keramik yang digunakan juga sama seperti jenis keramik lainnya. Sehingga hal tersebut akan memudahkan dan mempercepat proses pemasangan keramik pada lantai sebab ukurannya dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan yang akan dilapisi dengan keramik. Berbeda dengan keramik yang terbuat dari batuan asli dimana ukurannya tidak selalu simetris sebab mengikuti ukuran asli dan batuan itu sendiri.

Selain itu keramik motif batu alam cenderung memiliki corak yang sama sebab melalui proses pencetakan yang sama rata dan setara. Sehingga hal tersebut memudahkan anda dalam melakukan penyesuaian nuansa ruangan dan keramik yang akan diguanakan. Keramik dengan motif batuan alam juga bisa dijangkau oleh kalangan masyarakat luas sebab banyak produsen yang menjual keramik ini di dalam harga per dus sehingga hal tersebut dapat meminimalisir dana yang dikeluarkan. Berbeda halnya ketika anda memutuskan untuk menggunakan keramik batuan asli sebab keramik jenis tersebut dijual mulai dari 300 ribu rupiah per meter perseginya atau per keping keramik.

Namun pada beberapa aspek harga keramik yang sangat terjangkau memang menentukan kualitas dari keramik itu sendiri. Sebab keramik motif batu alam juga memiliki beberapa kekurangan yang wajib anda ketahui sebelum benar-benar yakin untuk menggunakannya. Karena keramik motif batu alam juga terbuat dari bahan dasar berupa tanah liat maka ketebalan keramik ini juga cenderung lebih tipis dibandingkan dengan keramik batu asli. Sehingga hal tersebut membuat daya tahan keramik motif bebatuan alami lebih rendah dibandingkan dengan keramik batuan asli yang mengakibatkan keramik mudah pecah atau retak pada saat proses pemasangan di lantai rumah. Selain itu keramik yang mengadaptasi motif batuan alami juga tidak memiliki daya serap terhadap hawa panas sehingga memiliki tingkat kelembapan yang lebih tinggi yang mengakibatkan mudahnya pertumbuhan kerak dan lumut jika tidak dirawat dengan benar.

Selain itu keramik motif batu alam juga sangat tidak tepat apabila dipergunakan sebagai pelapis lantai garasi kendaraan di rumah anda. Sebab keramik jenis ini memiliki ketebalan yang sangat tipis sehingga tidak mampu menahan beban yang terlampau berat. Beban yang terlampau berat yang diletakkan di atas keramik tanah liat mengakibatkan keramik tidak tahan lama dan mudah retak. Lain halnya dengan keramik berbahan dasar batu alami asli yang memiliki struktur padat dan ketebalan yang baik yang membuatnya mampu menahan beban hingga 450 kg lebih.
Kelebihan dan Kekurangan Keramik Motif Batu Alam Rating: 4.5 Posted by: Aggil Pondaag