Senin, 19 Maret 2018

Cara Daftar Kartu Kuning Secara Online

Cara Daftar Kartu Kuning Secara Online - Untuk mendaftar lowongan pekerjaan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar lolos tes administrasi. Biasanya persyaratan yang dibutuhkan adalah SKCK, kartu identitas diri atau KTP, atau bisa juga Kartu Kuning. Seperti misalnya dalam tes CPNS. Namun sekarang ini tidak perlu mengantri lama-lama untuk bisa mendapatkan Kartu Kuning. Sekarang sudah ada cara daftar Kartu Kuning secara online.

Berikut ini beberapa tahapan mendaftar Kartu Kuning

  1. Buka terlebih dahulu situs http://infokerja.depnakertrans.go.id. Dan di situ akan tampak tampilan situs Depnakertrans beserta dengan menunya.
  2. Pilih menu Pencaker untuk mendaftar. Lalu isikan data yang diminta secara lengkap.
  3. Pada kolom user ID, dapat diisi sesuai dengan keinginan namun tidak menggunakan spasi. Usahakan untuk menggunakan user ID yang unik supaya tidak sama dengan pengguna lainnya. Masukkan kata sandi yang diinginkan dan selalu ingat kata sandi yang dipilih untuk nanti digunakan saat log in.
  4. Cara daftar Kartu Kuning selanjutnya yaitu untuk Data Regional, isikan setiap kolom data yang dibutuhkan sesuai dengan KTP.
  5. Di bagian Data Pribadi, di kolom gelar depan isikan gelar anda dan jangan diisi dengan nama anda. jika anda tidak ada gelar, bisa dikosongkan saja. Begitu juga dengan gelar belakang. Diisi sesuai petunjuk pengisian gelar depan.
  6. Di Data Harapan, isi semua kolom sesuai yang diinginkan. Untuk kolom Negara yang diharapkan, bisa dikosongkan saja jika pilih di dalam negeri. Untuk kolom golongan dan jenis golongan diisi sesuai yang diharapkan atau yang mendekati.
  7. Setelah terisi semuanya dengan lengkap dan benar, selanjutnya adalah klik tanda Kirim.
  8. Setelah klik Kirim, akan muncul halaman baru yang berisi mengenai data pribadi anda yang sudah anda isikan tadi. Dan anda akan diminta untuk mengunggah foto anda. Ukuran foto sebaiknya tidak terlalu besar. Maksimal 100 kb agar bisa diunggah.
  9. Lalu setelah mengunggah foto, anda akan diminta untuk mengisi informasi form.
  10. Jika sudah mengisikan riwayat pendidikan dan keterampilan, pilih Simpan Perubahan. Klik Simpan jika semua sudah terisikan sampai riwayat pekerjaan. Riwayat pekerjaan diisi jika sudah pernah bekerja sebelumnya dan memiliki surat pengalaman kerja yang nantinya dilampirkan untuk mengambil kartu di Disnaker.
Setelah langkah cara daftar kartu kuning tersebut selesai, cara mendaftar Kartu Kuning selanjutnya anda melakukan verifikasi ke kantor Disnaker di kota anda untuk mencetak Kartu Kuning (AK1). Bawa pula beberapa persyaratan berikut ini:
  1. KTP
  2. Ijazah terakhir
  3. Pasfoto sebanyak 2 lembar dengan ukuran 2x3
Selain untuk membuat Kartu Kuning, website tersebut juga bisa untuk mencari pekerja dan juga perusahaan dapat memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan itu sendiri. Melalui website tersebut, perusahaan dapat mencari calon karyawan yang sesuai dengan kriteria yang dicari. Begitu jgua dengan para pencari kerja. Mereka bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat serta ketrampilan yang mereka miliki. Demikian cara daftar Kartu Kuning yang dapat digunakan sebagai petunjuk bagaimana caranya mendaftar Kartu Kuning secara online.