Kamis, 07 Maret 2019

Cara Daftar NISN Secara Online

Cara Daftar NISN Secara Online - NISN adalah kepanjangan dari Nomor Induk Siswa Nasional. NISN ini diberlakukan untuk seluruh siswa di Indonesia. NISN dapat dilihat secara online. Tiap siswa yang terdaftar di sini akan memiliki satu kode identitas pengenal diri yang berbeda untuk tiap siswanya di seluruh sekolah di Indonesia. Maka dari itu tiap siswa wajib untu mendaftar NISN.
Pemberian dan penentuan kode identitat NISN untuk siswa dibuat berdasarkan pada pengajuan atau sumber data yang masuk yang valid dan sudah diverifikasi secara online dari tiap sekolah ataupun dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Karena ini termasuk program baru dalam pendidikan, masih banyak pertanyaan mengenai NISN termasuk dengan pertanyaan bagaimana prosedur cara daftar  yang baru.

Berikut ini akan diuraikan sedikit mengenai bagaimana cara mendaftar NISN

  1. Download terlebih dahulu formulir pengajuan A1 di situs website http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/dyn/4. Pengajuan NISN baru ini hanya bisa untuk siswa di kelas 1, 7, dan 10 saja.
  2. Isikan tiap kolom yang dibutuhkan secara benar dan lengkap.
  3. Kabupaten/kota diisi sesuai dengan kabupaten/sekolah berada. Begitu juga dengan provinsinya. Sedangkan untuk NSPN diisi sesuai dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional di mana siswa yang bersangkutan terdaftar atau aktif di sekolah tersebut.
  4. Untuk data pribadi diisikan sesuai dengan yang tertulis di akta kelahiran seperti tempat dan tanggal lahir. Dan nama siswa tidak boleh disingkat dan tidak boleh menggunakan tanda baca.
  5. Penulisan kelas atau tingkat diisi dengan angka bukan romawi, misalnya 1,2,…dst.
  6. Untuk jenis kelamin pilih angka 1 untuk laki-laki dan 2 untuk perempuan.
  7. Untuk agama silahkan di pilih angka-angkanya
  8. Isikan nama ibu tanpa gelar atau jabatan.
  9. Setelah terisi semuanya, cara daftar NISN selanjutnya adalah formulir ditandatangani oleh kepala sekolah dan dicap stempel.
  10. Scan formulir yang sudah ditandatangani dan distempel tersebut dan simpan dengan format pdf.
  11. Lalu kirim via email ke nisn_pdsp@yahoo.com dengan subject “Pengajuan NISN Baru dari SDN (nama sekolah).
Setelah ini selesai dilakukan, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Untuk mengrimkan file pendaftaran, format yang digunakan bisa Ms Excell atau file pdf dan tidak berformat zip atau rar. Manfaat dari menggunakan NISN ini adalah untuk memudahkan dalam mengidentifikasi tiap siswa yang ada di seluruh wilayah di Indonessia secara standar dan konsisten serta secara kontinyu. Selain itu NISN ini digunakan sebagai sistem pendukung dari program Dapodi untuk mengembangkan dan menerapkan program perencanaan pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, kota, provinsi, kabupaten hingga sekolah. Demikian cara mendaftar NISN secara online.