Sabtu, 05 Agustus 2017

Cara Daftar Twitter dan Penggunaannya Untuk Melonjakkan Bisnis

Salah satu alasan mengapa Twitter bisa begitu sangat populer seperti sekarang ini karena platformnya dibuat oleh pengembang yang membangun aplikasi ini selama bertahun-tahun. Karenanya Twitter sangat mudah digunakan dan user friendly. Tak cuma untuk keperluan personal, Twitter pun sangat ampuh untuk tujuan marketing bisnis di internet. Meski sudah lama hadir di Indonesia, namun sebagian orang masih bingung bagaimana cara daftar Twitter.


Proses awal cara daftar Twitter yaitu menyiapkan e-mail aktif sebagai syaratnya. Lalu akses laman Twitter di www.twitter.com/signup. Pendaftar akan diberikan laman pengisian biodata yang harus dilengkapi berupa : nama lengkap, alamat email, buat kata sandi (password) dan buat nama pengguna (username). Klik pada tombol 'Buat Akun Saya'. Selanjutnya akan disajikan laman verifikasi ponsel, masukkan nomor Hp dan klik pada tombol 'Verifikasi nomor Ponsel'. Tak perlu kuatir sebab Twitter tak akan menampilkan detil nomor ponsel yang dimiliki penggunanya.

Selanjutnya dari cara daftar Twitter ini, pendaftar akan mendapatkan SMS yang berisi kode verifikasi yang harus dimasukkan ke kolom verifikasi. Sampai di sini pendaftar sudah bisa masuk ke akun Twitter, namun sebelum itu cek email yang berisi detil mengenai akun Twitter yang baru saja dibuat dan juga link notifikasi. Pada halaman yang ditampilkan pertama kali setelah pendaftaran sukses, pengguna disarankan membangun dulu akun mereka dengan melakukan follow 5 orang yang disarankan. Namun ini bukan sebuah keharusan, mereka boleh melewatkannya. Lebih penting yang mesti dilakukan adalah melengkapi profile pengguna mulai dari mengunggah foto serta mengisi Bio atau penjelasan singkat mengenai biografi.

Pengguna kini sudah bisa mengirimkan postingan atau update status terkini. Dan seperti disebutkan di awal, Twitter pun efektif digunakan sebagai sarana melonjakkan bisnis. Bagaimana menggunakan Twitter untuk mengembangkan bisnis Anda? Berikut adalah 5 tips dasar untuk Anda mulai :

- Membuat profil
Lengkapi secara detil mengenai bisnis Anda termasuk link ke situs Web perusahaan Anda. Anda bisa membuat dua atau lebih akun Twitter dimana salah satunya sebagai saluran layanan pelanggan dan lainnya sebagai halaman perusahaan utama.

- Mendengarkan dan belajar
Jangan melakukan posting terlalu banyak di awal-awal. Temukan pengguna Twitter yang sesuai dengan sektor bsinis anda dengan banyak jumlah pengikut dan baca apa yang mereka katakan. Follow mereka dan pasti beberapa diantaranya akan melakukan follow back. Cari pengguna Twitter berpengaruh seperti Peter Cashmore dari Mashable (@mashable) atau Chris Brogan (@chrisbrogan) dan simak tips-tips Twitter yang mereka berikan.

- Perawatan dan berbagi
Mulai melakukan retweet dari posting menarik pengguna lain. Berpartisipasi dalam diskusi. Bangun reputasi perusahaan dengan mencari pelanggan yang memiliki masalah dan tawarkan solusi untuknya. Share berita tentang perusahaan Anda juga, tapi jangan lebih dari 25% jumlah postingan Anda.

- Menarik perhatian
Adakan kontes, buat jajak pendapat, berikan free offer, ajukan pertanyaan, atau mulai membuat diskusi hashtagged (kata kunci yang diawali dengan tanda #). Bangun sebuah blog di situs perusahaan Anda dan hubungkan (linking) ke postingan Anda di Twitter untuk menarik pengunjung.

- Mempromosikan
Pasang link akun Twitter perusahaan Anda di situs Anda untuk membangun pengikut dan prospek.