Syarat-Syarat dan Cara Daftar GrabBike

GrabBike adalah layanan pemesanan transportasi ojek online dibawah pengelolaan GrabTaxi. Saat ini perusahaan ini masih membutuhkan banyak driver terutama untuk wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi. Cara daftar GrabBike sebagaimana pengumuman yang dirilis oleh pihak perusahaan, setiap pelamar harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut :

- Umur tak boleh melebihi 55 tahun pada tanggal 31 Juli 2016.
- Sehat jasmani dan rohani.
- Mempunyai sepeda motor yang layak pakai sesuai ketentuan dari pihak GrabBike.
- Berpenampilan rapi dan bersih.
- Memiliki sifat jujur, berdisiplin dan bertanggung-jawab.
- Mampu baca tulis.
- Siap untuk mengikuti seluruh proses rekrutmen dan kemudian pelatihan dari pihak perusahaan.
- Mau bekerja full time.

Beberapa berkas yang harus disiapkan dalam proses pendaftaran driver GrabBike adalah :

- Fc. KTP, SIM, STNK yang masih berlaku.
- Fc. Kartu Keluarga minimal tahun 2010.
- Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKCK) dari kepolisian yang belum kadaluarsa.
- Surat keterangan sehat dari dokter bila pelamar berusia 50 tahun lebih.
- Menyediakan uang Topup yang akan dimasukkan ke saldo. Ada dua pilihan besaran uang topup yaitu Rp.150 ribu jika memilih cicilan smartphone dari GrabBike atau RP.100 ribu jika sudah memiliki smartphone Android sendiri.

Selain tes wawancara untuk mengetahui kesungguhan para pelamar dalam menjalani profesi ini, yang juga harus dilalui adalah tes berkendara. Keselamatan adalah faktor terpenting yang menjadi prioritas GrabBike sebagai penyedia jasa transportasi. Untuk itu pihak GrabBike harus memastikan bahwa setiap driver yang bekerja mempunyai keterampilan berkendara sesuai standar safety riding. Pada tes berkendara ini setiap pelamar diharuskan membawa penumpang untuk kemudian melewati beberapa rintangan.

Misalnya slow speed slalom dimana pada rintangan ini, driver harus melewati sejumlah cone dengan jarak masing-masing 2 meter. Pengemudi harus menjalankan kendaraan dengan kecepatan rendah sehingga membutuhkan kemampuan keseimbangan yang baik. Bentuk rintangan selanjutnya yaitu menciptakan jalur angka 8 dimana disediakan dua cone untuk pembatasnya. Driver menjalankan kendaraanya dan membuat angka delapan yang diulang dua kali. Sesudah melalui rintangan tadi, driver selanjutnya harus melakukan cornering atau menikung dengan posisi sedikit rebah. Kecepatan motor wajib stabil. Rintangan berikutnya yaitu bumpy road surface dimana driver mesti melalui sebuah balok yang mempunyai lebar 20 cm dengan panjang dua meteran.

Setelah dinyatakan lulus semua tahap seleksi maka para pelamar harus menyerahkan satu jaminan berupa dokumen asli. Bisa dipilih salah satunya dari : KK minimal tahun 2010, BPKB motor, Buku Nikah atau Ijazah minimal SMA. Dan selanjutnya driver akan mendapatkan pelatihan pengoperasian aplikasi GrabBike misalnya cara mengambil order, membaca map, dan sebagainya. Selain itu masih ada lagi training mengenai keselamatan di jalan raya dan juga pengetahuan mengenai rambu-rambu lalu-lintas.